SOAL UJI KOMPETENSI UK PEDAGOGIK GURU SD
1. Pernyataan di bawah ini
yang merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD dari aspek sosial yaitu ….
a.mulai menyukai teman sebaya
sesama jenis
b.berperan serta dalam permainan logika
c.menyukai teman sebaya lawan jenis
d.dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
2. Anak usia SD sering
disebut “usia berkelompok”. Hal
tersebut menunjukkan karakteristik
perkembangan anak aspek ….
a.intelektual
b.emosional
c.sosial
d.moral
3. Pernyataan di bawah ini
merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD ditinjau dari aspek fisik, kecuali ….
a.menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b.memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
4. Kreativitas merupakan
salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya
kemampuan ….
a.penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh
semua orang dan menghasilkan
penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
b.berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
c.mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang
akan datang .
d.memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan
kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
5. Pernyataan di bawah ini
merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD aspek emosional, kecuali
….
a.kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan
sampai akhir
b.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
c.menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
d.memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
6. Perkembangan perilaku
moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang
harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak
belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a.trial and error
b. pendidikan langsung,
c. identifikasi
d.observasi
7. Mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia SD yang dapat
teridentifikasi dalam proses
pembelajaran adalah minat terhadap ….
a.masalah sosial
b.tubuh manusia
c.kesehatan manusia
d. bidang olahraga
8. Dalam pembelajaran PKn,
guru kelas SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: “Melaksanakan aturan yang
berlaku di masyarakat”, kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah
….
a.mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b.mengenal lingkungan rumah dan sekolah
c.melaksanakan hidup rukun di masyarakat
d. mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
9.Dalam pembelajaraan Matematika, ketika guru mengaitkan materi
pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan
bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a.kesehatan
b.status
c.penampilan
d.pekerjaan
10.Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, saat ada siswa yang sangat
ingin memerankan tokoh dongeng
yang disukainya berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan
menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap ….
a.penampilan
b.pekerjaan
c.sekolah
d.status
11.Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar:
‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru
tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat
laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan
uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa
terhadap …
a.kesehatan
b.seks
c.penampilan
d.pekerjaan
12.Mata pelajaran IPS ‘minat
siswa terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a.nama-nama keluarga
b.penampilan diri
c.ikatan kekerabatan
d.jenis pekerjaan orang tua
13.Sebelum mempelajari :’Perkalian bilangan’, kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.membagi
b.menjumlah
c.mengurang
d.menghitung
14.Untuk kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar
dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan
prasyarat yang harus dimiliki siswa
adalah kemampuan ….
a.membuat karangan deskriptif
b.melengkapi kalimat belum selesai
c.menyusun kalimat sederhana
d.membaca kalimat sederhana
15.Kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum
mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala alam yang terjadi negara
tetangga’, adalah ….
a.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
b.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
d. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
16.Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD
disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
a. artikulasi
b.suara
c.kosakata
d.kelancaran
17.Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika
yang sering dialami siswa usia SD, kecuali ….
a.performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
b.adanya gangguan hubungan keruangan
c.kesulitan dalam bahasa dan membaca
d.gangguan mengenal dan memahami simbol
18.Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam
kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
a.merumuskan alternatif pemecahan masalah
b.menangkap makna secara penuh
c.mengingat kembali kata-kata
d.membandingkan informasi yang diterima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar