INSTRUMEN KINERJA GURU
Beri
tanda silang (X) pada alternatif yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai.
Keterangan :
SL =
Selalu
SR =
Sering
KD =
Kadang-kadang
TP =
Tidak Pernah
NO.
|
P E R N Y A T
A A N
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1.
|
Setiap mau mengajar saya mempersiapkan diri dalam penguasaan materi
pelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Saya menjabarkan tujuan
pembelajarn khusus sendiri sesuai dengan karakteristik siswa
|
|
|
|
|
3.
|
Saya membuat perencanaan pembelajaraan. Setiap mau
mengajar
|
|
|
|
|
4.
|
Saya mempersiapkan sarana pembelajaran yang dibutuhkan
untuk mengajar
|
|
|
|
|
5.
|
Saya mempersiapkan rencana pembelajaran jika mau ada
pemeriksaan oleh Kepala sekolah
|
|
|
|
|
6.
|
Saya berusaha optimal dalam mengelola proses pembelajaran
di kelas untuk menghasilkan output yang bermanfaat.
|
|
|
|
|
7.
|
Saya berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan
memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada di sekolah.
|
|
|
|
|
8.
|
Saya mendorong siswa-siswa untuk meningkatkan pengetahuan
dengan melanjutkan pendidikan.
|
|
|
|
|
9.
|
Saya berusaha mengembangkan rasa tanggung jawab siswa
dalam belajar.
|
|
|
|
|
10.
|
Saya membuat grafik perkembangan kemajuan pendidikan siswa
tiap kelas untuk memudahkan melihat
maju mundurnya prestasi siswa.
|
|
|
|
|
11.
|
Saya memasuki kelas untuk
mengajar tepat waktu
|
|
|
|
|
12.
|
Saya mengakhiri kegiatan
mengajar di kelas untuk lebih cepat dari waktu yang ditentukan
|
|
|
|
|
13.
|
Saya menyediakan sarana pengajaran yang dibutuhkan untuk
mengajar
|
|
|
|
|
14.
|
Saya memperthaikan setiap siswa dalam kegiatan belajar di
kelas
|
|
|
|
|
15.
|
Saya memanfaatkan sarana pengajaran dalam
kegiatan-kegiatan belajar mengajar.
|
|
|
|
|
16.
|
Saya memaksimalkan penggunaan sarana/alat pembelajaran di
dalam kegiatan belajar mengajar.
|
|
|
|
|
17.
|
Saya menggunakan sarana/alat peraga yang ada dalam prosess
pembelajaran bila ada supervisi kelas oleh kepala sekolah
|
|
|
|
|
18.
|
Saya mendorong siswa menggunakan sarana belajar seoptimal
mungkin.
|
|
|
|
|
19.
|
Saya melakukan pretest sebelum memulai pengajaran
|
|
|
|
|
20.
|
Saya melakukan post test sesudah melakukan aktivitas
pengajaran
|
|
|
|
|
21.
|
Saya memberikan pertanyaan secara lisan selama proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
22.
|
Saya memeriksa hasil ulangan harian secara cermat
|
|
|
|
|
23.
|
Saya meambagikan kembali hasil ulangan kepada siswa
|
|
|
|
|
24.
|
Saya maenyusun soal ulangan dengan mengacu pada tujuan
pembelajaran yang telah sitentukan
|
|
|
|
|
25.
|
Dalam membuat soal test saya memperhatikan tingkat
kesukaran soal
|
|
|
|
|
26.
|
Saya menilai kegiatan siswa ketika sedang menjawab soal
ulangan
|
|
|
|
|
27.
|
Saya memperhatikan kelancaran pelaksanaan kegiatan ulangan
di kelas.
|
|
|
|
|
28.
|
saya membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
|
|
|
|
|
29.
|
Saya memberikan arahan pada siswa tentang cara belajar
yang baik
|
|
|
|
|
30.
|
Saya memberi nasehat pada siswa yang mengalami kesulitan dalam masalah pribadi
|
|
|
|
|
INSTRUMEN KINERJA GURU
Beri
tanda silang (X) pada alternatif yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai.
Keterangan :
SL =
Selalu
SR =
Sering
KD =
Kadang-kadang
TP =
Tidak Pernah
NO.
|
P E R N Y A T
A A N
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1.
|
Setiap mau mengajar saya mempersiapkan diri dalam penguasaan materi
pelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Saya menjabarkan tujuan
pembelajarn khusus sendiri sesuai dengan karakteristik siswa
|
|
|
|
|
3.
|
Saya membuat perencanaan pembelajaraan. Setiap mau
mengajar
|
|
|
|
|
4.
|
Saya mempersiapkan sarana pembelajaran yang dibutuhkan
untuk mengajar
|
|
|
|
|
5.
|
Saya mempersiapkan rencana pembelajaran jika mau ada
pemeriksaan oleh Kepala sekolah
|
|
|
|
|
6.
|
Saya berusaha optimal dalam mengelola proses pembelajaran
di kelas untuk menghasilkan output yang bermanfaat.
|
|
|
|
|
7.
|
Saya berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan
memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada di sekolah.
|
|
|
|
|
8.
|
Saya mendorong siswa-siswa untuk meningkatkan pengetahuan
dengan melanjutkan pendidikan.
|
|
|
|
|
9.
|
Saya berusaha mengembangkan rasa tanggung jawab siswa
dalam belajar.
|
|
|
|
|
10.
|
Saya membuat grafik perkembangan kemajuan pendidikan siswa
tiap kelas untuk memudahkan melihat
maju mundurnya prestasi siswa.
|
|
|
|
|
11.
|
Saya memasuki kelas untuk
mengajar tepat waktu
|
|
|
|
|
12.
|
Saya mengakhiri kegiatan
mengajar di kelas untuk lebih cepat dari waktu yang ditentukan
|
|
|
|
|
13.
|
Saya menyediakan sarana pengajaran yang dibutuhkan untuk
mengajar
|
|
|
|
|
14.
|
Saya memperthaikan setiap siswa dalam kegiatan belajar di
kelas
|
|
|
|
|
15.
|
Saya memanfaatkan sarana pengajaran dalam
kegiatan-kegiatan belajar mengajar.
|
|
|
|
|
16.
|
Saya memaksimalkan penggunaan sarana/alat pembelajaran di
dalam kegiatan belajar mengajar.
|
|
|
|
|
17.
|
Saya menggunakan sarana/alat peraga yang ada dalam prosess
pembelajaran bila ada supervisi kelas oleh kepala sekolah
|
|
|
|
|
18.
|
Saya mendorong siswa menggunakan sarana belajar seoptimal
mungkin.
|
|
|
|
|
19.
|
Saya melakukan pretest sebelum memulai pengajaran
|
|
|
|
|
20.
|
Saya melakukan post test sesudah melakukan aktivitas
pengajaran
|
|
|
|
|
21.
|
Saya memberikan pertanyaan secara lisan selama proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
22.
|
Saya memeriksa hasil ulangan harian secara cermat
|
|
|
|
|
23.
|
Saya meambagikan kembali hasil ulangan kepada siswa
|
|
|
|
|
24.
|
Saya maenyusun soal ulangan dengan mengacu pada tujuan
pembelajaran yang telah sitentukan
|
|
|
|
|
25.
|
Dalam membuat soal test saya memperhatikan tingkat
kesukaran soal
|
|
|
|
|
26.
|
Saya menilai kegiatan siswa ketika sedang menjawab soal
ulangan
|
|
|
|
|
27.
|
Saya memperhatikan kelancaran pelaksanaan kegiatan ulangan
di kelas.
|
|
|
|
|
28.
|
saya membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
|
|
|
|
|
29.
|
Saya memberikan arahan pada siswa tentang cara belajar
yang baik
|
|
|
|
|
30.
|
Saya memberi nasehat pada siswa yang mengalami kesulitan dalam masalah pribadi
|
|
|
|
|
INSTRUMEN MOTIVASI KERJA
Beri tanda silang (X) pada alternatif yang menurut
Bapak/Ibu paling sesuai.
Keterangan
:
SL =
Selalu
SR =
Sering
KD =
Kadang-kadang
TP =
Tidak Pernah
NO.
|
PERNYATAAN
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya berusaha mencari peluang memajukan sekolah.
|
|
|
|
|
2
|
Saya berusaha memanfaatkan guru-guru yang ada di
sekolah.
|
|
|
|
|
3
|
Saya berusaha mengarahkan semua karyawan bekerja dengan
baik.
|
|
|
|
|
4
|
Saya berusaha melengkapi sarana/alat pembelajaran
yang digunakan oleh guru-guru.
|
|
|
|
|
5
|
Saya berusaha memberikan kesempatan meningkatkan
diri kepada semua personil sekolah.
|
|
|
|
|
6
|
Saya berusaha mendukung guru-guru untuk
meningkatkan pengetahuan termasuk melanjutkan pendidikan.
|
|
|
|
|
7
|
Saya berusaha menyerahkan pekerjaan kepada orang
lain jika mendapat kesulitan.
|
|
|
|
|
8
|
Saya mengajak guru-guru dalam menyusun rencana
kegiatan belajar mengajar.
|
|
|
|
|
9
|
Saya berusaha memberikan bimbingan kepada
guru-guru yang kurang mampu dalam mengajar.
|
|
|
|
|
10
|
Saya memberikan hadiah (cideramata) kepada
personil yang berprestasi.
|
|
|
|
|
11
|
Saya mengamati kegiatan belajar mengajar guru-guru
di dalam kelas.
|
|
|
|
|
12
|
Saya mengevaluasi hasil pekerjaan setiap personil sekolah
yang ada di sekolah
|
|
|
|
|
13
|
Saya berusaha membina guru-guru yang malas
mengajar.
|
|
|
|
|
14
|
Saya mengkaji kesalahan-kesalahan pada setiap
hasil pekerjaan.
|
|
|
|
|
15
|
Saya memberikan insentif di luar gaji
pokok/honorarium kepada personil sekolah.
|
|
|
|
|
16
|
Saya mengusahakan agar pekerjaan guru menjadi
pekerjaan menarik.
|
|
|
|
|
17
|
Saya bersifat jujur dalam melaksanakan tugas
sebagai pimpinan di sekolah.
|
|
|
|
|
18
|
Saya memberikan perhatian yang besar pada hubungan
kekeluargaan di sekolah.
|
|
|
|
|
19
|
Saya bekerja dengan tekun untuk memperoleh
keberhasilan dalam mengelola sekolah.
|
|
|
|
|
20
|
Saya berusaha untuk menciptakan tempat kerja yang
menyenangkan.
|
|
|
|
|
21
|
Saya memberikan keleluasaan pada guru untuk
mengambil keputusan yang diperlukan dalam tugasnya.
|
|
|
|
|
22
|
Saya menaruh perhatian terhadap peningkatan mutu
proses belajar mengajar.
|
|
|
|
|
23
|
Saya hadir ke sekolah sebelum jam kerja dimulai.
|
|
|
|
|
24
|
Saya pulang setiap hari dari sekolah melebihi jam
kerja.
|
|
|
|
|
25
|
Saya mengerjakan pekerjaan sesuai dengan
ketentuan.
|
|
|
|
|
26
|
Saya menyelesaikan pekerjaan saya tepat waktu.
|
|
|
|
|
27
|
Saya berusaha meningkatkan kemampuan dalam bidang
yang harus dikuasai.
|
|
|
|
|
28
|
Saya mencari berbagai cara/metode baru dalam
mengerjakan pekerjaan.
|
|
|
|
|
29
|
Saya belajar dari teman tentang cara kerja yang
baik.
|
|
|
|
|
30
|
Saya mencari pengalaman baru di tempat lain agar
ada suasana baru.
|
|
|
|
|
INSTRUMEN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH
Beri tanda silang (X) pada alternatif yang menurut
Bapak/Ibu paling sesuai.
Keterangan
:
SL =
Selalu
SR =
Sering
KD =
Kadang-kadang
TP =
Tidak Pernah
NO.
|
PERNYATAAN
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Saya berusaha mencari peluang memajukan sekolah.
|
|
|
|
|
2
|
Saya berusaha memanfaatkan guru-guru yang ada di
sekolah.
|
|
|
|
|
3
|
Saya berusaha mengarahkan semua karyawan bekerja
dengan baik.
|
|
|
|
|
4
|
Saya berusaha melengkapi sarana/alat pembelajaran
yang digunakan oleh guru-guru.
|
|
|
|
|
5
|
Saya berusaha memberikan kesempatan meningkatkan
diri kepada semua personil sekolah.
|
|
|
|
|
6
|
Saya berusaha mendukung guru-guru untuk
meningkatkan pengetahuan termasuk melanjutkan pendidikan.
|
|
|
|
|
7
|
Saya berusaha menyerahkan pekerjaan kepada orang
lain jika mendapat kesulitan.
|
|
|
|
|
8
|
Saya mengajak guru-guru dalam menyusun rencana
kegiatan belajar mengajar.
|
|
|
|
|
9
|
Saya berusaha memberikan bimbingan kepada
guru-guru yang kurang mampu dalam mengajar.
|
|
|
|
|
10
|
Saya memberikan hadiah (cideramata) kepada
personil yang berprestasi.
|
|
|
|
|
11
|
Saya mengamati kegiatan belajar mengajar guru-guru
di dalam kelas.
|
|
|
|
|
12
|
Saya mengevaluasi hasil pekerjaan setiap personil
sekolah yang ada di sekolah
|
|
|
|
|
13
|
Saya berusaha membina siswa yang malas belajar
|
|
|
|
|
14
|
Saya mengkaji kesalahan-kesalahan pada setiap
hasil pekerjaan.
|
|
|
|
|
15
|
Saya memberikan insentif/pujianpada siswa
berprestasi di sekolah.
|
|
|
|
|
16
|
Saya mengusahakan agar pekerjaan guru menjadi
pekerjaan menarik.
|
|
|
|
|
17
|
Saya bersifat jujur dalam melaksanakan tugas
sebagai guru.
|
|
|
|
|
18
|
Saya memberikan perhatian yang besar pada hubungan
kekeluargaan di sekolah.
|
|
|
|
|
19
|
Saya bekerja dengan tekun untuk memperoleh
keberhasilan dalam mengelola sekolah.
|
|
|
|
|
20
|
Saya berusaha untuk menciptakan tempat kerja yang
menyenangkan.
|
|
|
|
|
21
|
Saya memberikan keleluasaan pada guru untuk
mengambil keputusan yang diperlukan dalam tugasnya.
|
|
|
|
|
22
|
Saya menaruh perhatian terhadap peningkatan mutu
proses belajar mengajar.
|
|
|
|
|
23
|
Saya hadir ke sekolah sebelum jam kerja dimulai.
|
|
|
|
|
24
|
Saya pulang setiap hari dari sekolah melebihi jam
kerja.
|
|
|
|
|
25
|
Saya mengerjakan pekerjaan sesuai dengan
ketentuan.
|
|
|
|
|
26
|
Saya menyelesaikan pekerjaan saya tepat waktu.
|
|
|
|
|
27
|
Saya berusaha meningkatkan kemampuan dalam bidang
yang harus dikuasai.
|
|
|
|
|
28
|
Saya mencari berbagai cara/metode baru dalam
mengerjakan pekerjaan.
|
|
|
|
|
29
|
Saya belajar dari teman tentang cara kerja yang
baik.
|
|
|
|
|
30
|
Saya mencari pengalaman baru di tempat lain agar
ada suasana baru.
|
|
|
|
|
sangat berguna bagi saya, terima kasih.....
BalasHapusTerimakasih. Salam kenal.
BalasHapusDariku Sr. Maria Odilia,KFS
ada angket untuk siswa gk?
BalasHapusada angket untuk tanggung jawab siswa/ mahasiswa gak?
BalasHapusTerimaksih :)
BalasHapusthanks, angket ini sangat berguna dalam penyusunan tesis saya
BalasHapusTerimakasih
BalasHapussiippp..
BalasHapusada angket untuk kesejahteraan islami enggak
BalasHapusTerima kasih angketnya sangat membantu..
BalasHapusAda angket untuk mutu pembelajaran gak?
BalasHapus