SOAL
UJI KOMPETENSI GURU :
1. SCL adalah
salah satu inovasi di bidang pendidikan yang bercirikan:
a.
Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,
b. Lebih
menekankan pada penguasaan materi,
c. Penekanan
pada pencapaian kompetensi,
d. Proses pembelajaran
dan penilaian dilakukan secara terpisah,
e. Penekanan
pada ketuntasan materi pelajaran.
2. Pemilihan
model pembelajaran sangat bergantung pada:
a.
Sarana-prasarana,
b. Siswa,
c. Kurikulum,
d. Guru,
e. Semuanya
benar.
3. Perkembangan
teknologi informasi sangat mempengaruhi:
a. Perkembangan
model pembelajaran,
b. Cara belajar
siswa,
c. Cara
mengajar guru,
d. Perkembangan
bahan ajar,
e.
Semuanya benar.
4. Model
pembelajaran yang meminta siswa untuk mengurutkan dan menjelaskan gambar
setelah guru menyampaikan materi adalah:
a. Cooperative
Script,
b. Metode
Jigsaw,
c. Snowball
Throwing,
d. Problem
Solving,
e.
Picture and Picture.
5. Model
pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru serta melakukan
perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikan terhadap
pembelajaran adalah:
a.
Lesson Study,
b. Cooperative
Script,
c. Metode
Jigsaw,
d. Snowball
Throwing,
e. Inquiry.
7. Model
pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang dituliskan pada kertas lalu
diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke siswa lain untuk dijawab
adalah:
a. Lesson
Study,
b. Cooperative
Script,
c.
Metode Jigsaw,
d. Snowball
Throwing,
e. Inquiry.
8. Model
pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi beberapa subtopik,
selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif, setiap anggota
bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap subtopik, adalah:
a. Lesson
Study,
b. Cooperative
Script,
c.
Metode Jigsaw,
d. Snowball
Throwing,
e. Inquiry.
9. Model
pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikir secara ilmiah,
kreatif, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap
objektif, jujur dan terbuka, adalah:
a. Role
Playing,
b.
Inquiry,
c. Problem
Solving,
d. Picture and
Picture,
e. Metode
Jigsaw.
10. Model
pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan
logis, adalah:
a. Role
Playing,
b. Inquiry,
c. Problem
Solving,
d.
Picture and Picture,
e. Metode
Jigsaw.
11. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah:
a. Role
Playing,
b. Inquiry,
c.
Problem Solving,
d. Picture and
Picture,
e. Metode
Jigsaw.
12. Beragam
teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentangkemajuan
belajar siswa, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil
belajar. Teknik-teknik penilain tersebut adalah sebagai berikut, kecuali:
a.Penilaian
unjuk kerja
b. Penilaian
sikap
c. Penilaian
observasi langsung
d.
Penggunaan tertulis
13. Dalam Soal
tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban
tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti berikut, kecuali:
a. Memberi
tanda
b.
Mewarnai
c. Membaca
d. Menggambar
14. Tes
tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecuali menjadi:
a.multiple
choice
b. isian
c. jawaban
singkat
d. uraian.
15. Tes ini
dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
a.
tes sebab-akibat
b. tes benar –
salah
c. tes
menjodohkan
d. tes pilihan
ganda.
16. Tes
tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk
mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang telah
dipelajarinya.
a. jawaban
singkat
b.
uraian
c. isian
d. pilihan
ganda.
17. Dalam
menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut, kecuali
.........
a. jumlah item
b.
karakteristik mata pelajaran
c. materi
d.
konstruksi
18. Tes pilihan
ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya tersebut berikut ini, kecuali
.........
a.peserta didik
tidak mengembangkan sendiri jawabannya
b. menimbulkan
kecenderungan anak didik tidak belajar
c. kurang dapat
untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
d.
banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secara
formal.
19. Kelemahan
tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
a. peserta
didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b. dapat
menilai berbagai jenis kompetensi
c.
cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d. peserta
didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.
20.
Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
a. efektifitas
penilaian kelas
b.
cost benefit yang besar
c. perancangan
penilaian secara sistemasis
d. perlakuan
penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar